Wisata Indoor Yang Instagrammable di Yogyakarta

Yogyakarta adalah kota penuh cerita.

Rasa-rasanya ga salah kalau saya bilang Jogja ini jadi kota sasaran paling utama untuk wisata di Pulau Jawa.

Kenapa? Karena saya pernah dadakan kejebak ke Jogja pas Harpitnas tanpa booking hotel terlebih dahulu, hasilnya saya keluyuran ga dapet hotel semalaman. 🙁

Oke, terlepas dari kenyataan kalau saya punya sedikit kenangan pahit soal Yogyakarta, harus diakui kalau banyak banget tempat-tempat yang bisa dikunjungin disana. Dari mulai the infamous Candi Borobudur yang sebenernya mah masuk area Magelang, sampai keraton.

Tapi nih yah, jaman sekarang tuh yang namanya jalan-jalan selain pengalaman, apa lagi coba yang dicari? Ga mau munafik juga sih yah, yang dicari adalah ajang pamer di sosial media. Salah satunya Instagram. Makanya banyak banget khan kids jaman now yang rela ngeluarin uang dan waktu cuma buat memperbagus feed Instagram mereka. Hmm.

Terus, gimana kalau di Jogja? Tempat-tempat apa lagi yang instagrammable selain Prambanan dan tempat-tempat syuting AADC 2 yang filmnya bosenin abis itu? 😛

Continue reading “Wisata Indoor Yang Instagrammable di Yogyakarta”

Jalan-Jalan di Semarang? Pantai Marina Aja!

Apa sih yang kamu bayangin tiap kali denger kata Semarang?

Selain fun fact tentang asal kata Semarang yang berasal dari kata asem yang jarang-jarang (baca dari cerita rakyat jaman SD!), banyak juga yang mengasosiasikan kota Semarang dengan Lawang Sewu. Padahal nih yah, banyak banget tempat wisata di Semarang yang juga asik buat didatengin.

Salah satunya adalah Pantai Marina, yang akhir-akhir ini sering juga padat didatengin wisatawan di wilayah Semarang dan sekitarnya.

Pantai Marina sendiri merupakan hasil reklamasi pantai yang ada di kota Semarang yang sebelumnya adalah hutan bakau dan tambak kepunyaan warga setempat. Terus, apa sih yang kira-kira menarik dari Pantai Marina ini buat dikunjungin?

Continue reading “Jalan-Jalan di Semarang? Pantai Marina Aja!”

4 Opsi Supaya Tetap Bisa Internetan Selama Liburan Ke Luar Negeri

Kalau saya bisa kategoriin traveler yang pernah saya temui menjadi dua tipe, maka itu adalah sebagian adalah orang-orang yang betul-betul biasanya menikmati perjalanan tanpa koneksi internet dan tipe orang yang masih ga bisa lepas dari gadget dan harus tetap internetan bahkan saat berada di jalan sekalipun.

Jadi, ada di kategori manakah saya?

Sayangnya, sampai saat ini saya masih masuk ke dalam kategori yang terakhir karena technology detox buat saya masih cuma sekedar angan-angan. Rasa-rasanya hidup saya ga lengkap kalau ga ada internet, ga peduli apakah itu karena saya pengen update berita atau emang karena butuh teman ngobrol karena kesepian efek keseringan jalan-jalan sendirian. Hmmm.

Mungkin hal ini gampang sih kalau diomongin pas jalan-jalan di dalam negeri, karena ga pake harus liburan pun paket data udah biasa beli banyak karena sering internetan. Kalaupun misalnya kehabisan paket data, isi ulangnya gampang. Nah, terus gimana kalau di luar negeri?

Continue reading “4 Opsi Supaya Tetap Bisa Internetan Selama Liburan Ke Luar Negeri”

Tips Aman dan Nyaman Jalan-Jalan Sendirian Buat Perempuan

Udah lumayan lama nih saya ga nulis konten yang berkaitan sama perjalanan. Baru kepikiran ide buat nulis soal topik ini pas beberapa waktu lalu ada yang nanya apakah aman solo traveling di Vietnam untuk perempuan.

Saya yakin sih, di luaran sana udah banyak yang nulis soal tips dan saran untuk perempuan yang merencanakan perjalanan atau liburan sendirian. Tapi saya juga jadi sedikit banyak pengen berbagi tips buat jalan-jalan sendiri buat para sister-sister sekalian.

Maklum sis, ga peduli udah seberapa progresif dunia saat ini, tapi kemampuan perempuan bertahan hidup sendirian masih sering dipandang sebelah mata sama orang-orang. Itulah kenapa, biasanya cewek jomblo lebih sering dinyinyirin daripada cowo yang masih belum punya pacar. *tuh khan jadinya kelepasan curhat lagi hmm 😛

Terus, tips apa yang pengen saya bagikan supaya kalian para perempuan pemberani dan tangguh aman dan nyaman ketika jalan-jalan sendirian? Cekidot mari, girls! 😀

Continue reading “Tips Aman dan Nyaman Jalan-Jalan Sendirian Buat Perempuan”

Napak Tilas Rute Klasik Bandung-Jakarta Lewat Puncak: RM. Samolo

Dengan adanya tol Cipularang yang diresmikan sejak kurang lebih 12 tahun yang lalu, ada rute seru yang seringkali terlupakan: Bandung-Jakarta lewat Puncak.

Apalagi sekarang dari mulai bus dan travel dari Bandung ke Jakarta atau sebaliknya udah hampir pasti menggunakan rute Cipularang karena memakan waktu yang relatif lebih cepat. Saya kurang tau apa masih ada bus yang lewat rute Puncak dari Bandung dan Jakarta, tapi bisa dipastikan kebanyakan orang kalau disuruh pilih rute antara Puncak dan Cipularang, kids jaman now bakal milih Cipularang.

Jadi, karena beberapa waktu lalu saya sering diharuskan bolak-balik Bandung-Jakarta, satu kali Heri, sepupu saya nawarin untuk nganter saya dan tante saya ke Jakarta. Dan kita langsung memutuskan buat napak tilas rute yang udah lama banget ga kita lewatin: ke Jakarta lewat Puncak.

Gara-gara ini juga, ibu saya tiba-tiba nimbrung ikut ke Jakarta.

Continue reading “Napak Tilas Rute Klasik Bandung-Jakarta Lewat Puncak: RM. Samolo”

Tips Anti-Norak Buat Yang Pertama Kali Naik Pesawat (Yang Juga Perlu Diperhatikan Frequent Flyer)

Jadi, beberapa waktu yang lalu saya sempet blogwalking ke salah satu blog member Blogger Perempuan dengan postingannya soal pertama kali naik pesawat.

Dan saya langsung kepikiran buat nulis ini, karena walaupun wara-wiri di pesawat bisa jadi sesuatu yang biasa buat sebagian orang, tapi pasti ada aja orang yang masih deg-degan karena baru pertama kali naik pesawat.

Bahkan nih, buat orang-orang yang ngaku frequent flyers pun sebenernya banyak dari mereka yang sebetulnya ga mengikuti etika bepergian dengan pesawat terbang seharusnya. Hmmm.

Makanya, sebagai seseorang yang pernah terbang sebagai seorang penumpang, kerja di bandara dengan tugas sebagai ground staff sampai terbang sebagai pramugari, rasanya ga salah kalau saya pengen sedikit berbagi. Kenapa? Supaya kalau ada yang baca, setidaknya perubahan bisa dimulai dari diri sendiri supaya bisa memudahkan diri sendiri dan orang lain ketika bepergian dengan pesawat terbang.

Ga mau khan dicap norak dan dicap sebagai penumpang rese sama staff bandara atau pramugari di pesawat?

Continue reading “Tips Anti-Norak Buat Yang Pertama Kali Naik Pesawat (Yang Juga Perlu Diperhatikan Frequent Flyer)”

Jadi Turis Lokal Dadakan di Jalan Asia Afrika (Bandung)

Kalau saya nyebut nama Bandung, kira-kira hal apa yang terlintas di otak kamu untuk pertama kali? Parijs van Java? Cewek-ceweknya yang cantik seperti saya? Kulinerannya? Atau pak wali-nya yang di balik segudang programnya yang progresif selalu memprovokasi warganya yang jomblo?! Heureuy ah Kang Emil, tapi sebel juga sih kadang-kadang joke-nya itu mulu. 🙁

Nah, sekarang kalau pertanyaannya diganti jadi tempat apa yang pertama kali terlintas kalau ngomongin Bandung, jawaban kamu apa?

Braga? Alun-alun? Gedung Merdeka? Atau malah Pasar Baru? Hmmm.

Apapun itu, kalau boleh jujur sih hal yang ironis dalam diri saya adalah kenyataan kalau saya seneng jalan-jalan, tapi kalau urusannya dalam kota Bandung, saya ini tergolong dalam kaum-kaum yang jarang piknik.

Continue reading “Jadi Turis Lokal Dadakan di Jalan Asia Afrika (Bandung)”