Borneo Trip: Review Bus DAMRI (Pontianak-Singkawang)

Salah satu hal yang saya sadari dari Borneo trip saya yang meliputi wilayah Indonesia di Borneo adalah betapa sulitnya menemukan informasi terpercaya mengenai transportasi antar kota di Kalimantan.

Iya, jadi alasan kenapa saya beberapa kali nunda-nunda waktu buat nyusun rencana perjalanan saya pada awalnya adalah karena saya mendapatkan kesulitan untuk menemukan informasi tentang transportasi umum di wilayah Kalimantan.

Karena saya biasa jalan-jalan kisaran Jawa dan terbuai dengan mudahnya informasi di pulau ini, sekalinya ke Kalimantan saya bingung. HAHA.

Ironisnya adalah, untuk urusan transportasi di wilayah Borneo bagian Malaysia dan Brunei, saya sama sekali gak mendapatkan kesulitan. Jadi, tiap kali jalan-jalan ke luar negeri, terutama di wilayah Asia Tenggara ini, saya memang biasanya booking tiket bus lewat Easybook.

Dan waktu saya cek jadwal bus untuk rute yang saya ambil di wilayah Malaysia dan Brunei, sama sekali gak ada masalah. Yang bermasalah justru waktu saya cek bus untuk perjalanan saya di Indonesia-nya. 🙁

Continue reading “Borneo Trip: Review Bus DAMRI (Pontianak-Singkawang)”

Borneo Trip: Kenapa dan Kemana di Pontianak?

Hallo semuanya!

Udah sebulan lamanya nih saya MIA sejak saya review guest house tempat saya menginap di Pontianak. Belum seminggu saya pulang dari Borneo, alhamdulillah di rumah waktu luang lebih banyak daripada waktu liburan, makanya saya sempetin update blog ini juga akhirnya. 😛

Jadi, alasan pertama kenapa saya jarang update blog ini adalah gara-garanya selama trip kemarin, tiba-tiba saya banyak banget dapet orderan melalui blog Inggris saya. Dan di tengah jalan, tepatnya waktu saya sampai Sibu, tetiba saya dapet masalah sama laptop saya. Tombol H di keyboard-nya tiba-tiba rusak.

Gara-gara ini jugalah, mood saya buat update blog selama berada di Kalimantan langsung kandas begitu saja. Kagok cuy pake on-screen keyboard!

Nah, karena akhirnya sudah pulang ke Bandung, sekarang saya sudah beli keyboard baru untuk laptop saya supaya lebih gampang ngetiknya. Makanya, monmaap karena baru sempet update blog lagi sekarang! 😀

Continue reading “Borneo Trip: Kenapa dan Kemana di Pontianak?”

Tips dan Trik: Cara Atur Uang Saat Liburan

Kemarin menjadi hari pertama tour de Borneo saya dimulai. Dan buat kamu yang nyasar di blog saya ini dan belum tau apa rencana saya dalam trip kali ini, FYI saya sudah merencanakan trip ini jauh-jauh hari.

Trip saya dimulai di kota yang saat ini sedang saya kunjungi, kota Katulistiwa alias Pontianak. Dari sini, saya akan menyusuri beberapa kota di Kalimantan Barat sebelum akhirnya melanjutkan perjalanan ke Sarawak, negara bagian timur Malaysia.

Rencananya, saya akan berada di Borneo selama hampir satu bulan. Totalnya, saya akan mengunjungi 8 tempat dengan jangka waktu stay di masing-masing kota selama 2 sampai 5 hari.

Kalau ditanya berapa budget saya untuk total perjalanan ini, sejauh ini saya baru kalkulasikan untuk keseluruhan trip sebesar IDR 10 juta. Tapi, ini masih tentatif mengingat perjalanan Borneo saya kali ini baru dimulai kemarin sore.

Lengkapnya, saya nanti akan bahas di postingan setelah trip ini selesai. Tapi, kali ini saya pengen berbagi soal trip gimana cara atur uang saat liburan ala saya. 😛

Continue reading “Tips dan Trik: Cara Atur Uang Saat Liburan”

Review: Skytrain & Railink Bandara Soekarno-Hatta

Hallo semuanya!

Iya, jadi udah lebih dari sebulan lamanya sejak saya nulis postingan terakhir saya sebelum ini. Monmaap, efek Asian Games bikin saya jadi nyaris gak ada waktu buat nulis. Iya, jadi saya berpartisipasi jadi volunteer selama pagelaran acara olahraga se-Asia beberapa waktu lalu itu.

Tapi, bukan itu yang mau saya omongin kali ini. Karena sesungguhnya sejak bulan lalu saya udah niatin mau nulis soal review pake skytrain dan railink di Bandara Internasional Soekarno-Hatta yang baru beberapa bulan lalu diresmikan. Kebetulan waktu bulan Juli ke Singapore kemarin, saya udah niatin buat cobain railink dari Soekarno-Hatta yang desas-desusnya beroperasi sampai ke Manggarai.

Karena saya agak parno coba-coba saat keberangkatan karena takut ketinggalan pesawat, akhirnya saya memutuskan berangkat pake moda transportasi seperti biasa (Damri coy!) dan pulang dari Singapore baru deh saya coba-coba pake Skytrain dan Railink yang ternyata cuma beroperasi sampai BNI City di Sudirman ini.

Jadi, piye Mar kesan dan pesannya?!

Continue reading “Review: Skytrain & Railink Bandara Soekarno-Hatta”

Bangka, Pulau Rasa Surga Cuma Satu Jam Dari Jakarta

Ada yang suka iseng cari-cari tempat baru buat dijadikan destinasi short getaway di akhir pekan? Kamu tinggal di Jakarta dan pengen menghabiskan waktu akhir pekan kamu di pantai, tapi udah khatam Kepulauan Seribu?

Pengen ke pantai, tapi cuma punya waktu Sabtu dan Minggu buat liburan dan gak mau terlalu banyak menghabiskan waktu di jalan?!

Rekomendasi dari saya? Pulau Bangka.

Penasaran deh, kira-kira apa sih yang kamu asosiasikan pertama kali kalau kamu denger soal Pulau Bangka? Martabak Bangka? Mie Bangka? Artika Sari Devi?

Ya kalau gak Artika Sari Devi, Sandra Dewi lah ya?! 😛

Continue reading “Bangka, Pulau Rasa Surga Cuma Satu Jam Dari Jakarta”

5 Destinasi Wisata Anti-Mainstream di Britania Raya

Hal apa yang pertama kali terlintas di pikiran kamu tiap kali mendengar kata Britania Raya?

Jawaban kamu bisa bervariasi dari mulai Big Ben, Buckingham Palace sampai Stonehenge, dan memang destinasi wisata tersebut adalah beberapa dari sekian banyak tempat yang sangat lumrah dikunjungi oleh para wisatawan yang mengunjungi negaranya Ratu Elizabeth II ini.

Terus, gimana kalau kamu ternyata bukan tipe wisatawan mainstream yang cuma datengin ke tempat-tempat yang lumrah dikunjungi sama kebanyakan wisatawan? Gimana kalau kamu pingin mencoba sesuatu yang berbeda di Britania?

Continue reading “5 Destinasi Wisata Anti-Mainstream di Britania Raya”