Tips Supaya Tetap Produktif Untuk Menulis (dan Menghindari Kehilangan Ide Brilian di Tengah Jalan)

Hallo semuanya! 😀

Tahun lalu, waktu saya memutuskan buat keluar dari pekerjaan kantor, niat awal saya itu cuma dua: terapi untuk Bell’s Palsy dan coba-coba bisnis.

Seiring berjalannya waktu, sekarang saya masih menjalani terapi seminggu sekali untuk Bell’s Palsy saya, tapi bisnis saya mangkrak. Cuma, rejeki gak kemana karena sejauh ini saya dapet rejeki dengan cara lain: menulis.

Saat ini, saya kerja secara remote sebagai copywriter di salah satu brand e-commerce di Indonesia. Selain itu, bulan ini kerjaan saya nambah jadi social media strategist salah satu artis ibukota. Pokoknya, kalau kamu tipe-tipe netizen yang suka kepoin Instagram atau Youtube-nya artis di Indonesia, ada salah satu akun yang sebagian kecil ‘otak’ kontennya adalah saya.

Continue reading “Tips Supaya Tetap Produktif Untuk Menulis (dan Menghindari Kehilangan Ide Brilian di Tengah Jalan)”

5 Tipe Blog Yang Sering Bikin Saya Nyesel (dan Kesel) Waktu Blogwalking

Seperti yang mungkin temen-temen udah pernah baca di beberapa blog saya sebelumnya, saya baru serius nge-blog di Ransel Ungu ini setaun yang lalu. Dan selama setaun ke belakang ini jugalah saya baru mulai serius ikutan komunitas.

Kalau ditanya blogger favorit saya siapa, saya bakal dengan pedenya jawab saya sendiri. Hahaha. Entah kalau kalian, tapi rasa-rasanya saya lebih seneng baca tulisan sendiri daripada tulisan orang lain. Is it common or am I just a narcissistic bitch? 😛

Tapi nih, sejak saya mulai aktif di komunitas blogger, baik dalam maupun luar negeri, salah satu usaha saya buat naikin traffic yang masuk ke blog saya adalah gak cuma berbagi tapi juga blogwalking.

Hari gini udah tau donk ya apa itu blogwalking?! Iyah, jalan-jalan ke blog orang. Baik untuk cari inspirasi atau ninggalin komentar demi membangun backlink ke blog sendiri.

Cuma nih, ada beberapa hal yang saya temuin di blog orang yang bikin saya kadang agak nyesel, atau bahkan kesel kalau blogwalking ke beberapa blog karena satu dan lain hal. Apa alasannya?!

Continue reading “5 Tipe Blog Yang Sering Bikin Saya Nyesel (dan Kesel) Waktu Blogwalking”

Plus dan Minus Blogging Pake Bahasa Indonesia vs Bahasa Inggris

Hallo semuanya! 😀

Udah lama banget nih saya gak update blog ini, gara-garanya saya beberapa minggu belakangan sibuk sama test event Asian Games, selain juga kenyataan saya gak punya koneksi internet yang lancar jaya kayak di rumah selama di Jakarta.

Buat bisa lancar blogging atau melakukan pekerjaan lainnya yang mengharuskan saya pake internet, saya harus ke kafe terdekat cuma bisa bebas wifian.

Kebetulan, hari ini saya sengaja memaksakan diri buat mampir ke EVHive Dimo yang lokasinya gak jauh dari Sarinah Thamrin buat nyempetin diri nulis tanpa gangguan dan tanpa tergoda buat memaksakan diri jajan biar gak malu menikmati berlama-lama wifi gratisan.

Dan karena udah lama gak posting di blog Bahasa Indonesia ini, akhirnya saya memutuskan buat nulis tentang enak gak enaknya nge-blog pake Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Jadi, kira-kira kenapa saya cenderung lebih sering update blog Bahasa Inggris saya daripada blog Bahasa Indonesia yang notabene adalah bahasa ibu saya?

Continue reading “Plus dan Minus Blogging Pake Bahasa Indonesia vs Bahasa Inggris”

Blogger Perempuan Amatiran: Pengalaman dan Tips Setelah (Sedikit) Serius Nge-Blog

Akhir-akhir ini saya cukup sibuk dibuat bolak-balik Jakarta-Bandung untuk urusan test event Asian Games yang akan diadakan di Jakarta dan Palembang pas ulang tahun saya bulan Februari nanti. Dan berhubung di Jakarta saya ga punya modem sebagus di rumah orang tua saya, jadinya saya males-malesan mikir mau bikin konten apa lagi buat blog saya ini.

Baru ketika saya dipertemukan dengan kids zaman now gegara ulah seseorang yang akhirnya membuat saya akrab sama anak-anak kuliahan masa kini. Alhasil, saya jadi punya banyak temen baru brondong.

Selain kenyataan bahwa saya ini awet muda dan anaknya asik, ternyata memang hal yang paling efektif supaya bikin kita cepat akrab sama orang lain adalah objek ketiga yang sama-sama kita ga suka. Apalagi kalau objek tersebut adalah seseorang dan kita doyan nyinyir sambil ghibah ngomongin orang yang bersangkutan. Astagfirullah.

Terus apa urusannya sama blogging?!

Karena salah satu geng julid Asian Games tiba-tiba nge-LINE saya dan bilang karena dia kuliah Ilmu Komputer, lagi ngolah-ngolah SEO dan tiba-tiba nemu blog saya dan dia pengen tau tipsnya. Hmm.

Continue reading “Blogger Perempuan Amatiran: Pengalaman dan Tips Setelah (Sedikit) Serius Nge-Blog”