Jalan-Jalan Murah di Jakarta: JJS di GBK (Gelora Bung Karno)

Pertama-tama, saya sadar banget kalo saya udah lama banget gak update blog saya ini. Dan saya gak punya excuse apa-apa selain karena saya sibuk banyak duit kerjaan dan emang males aja.

Jadi, beberapa waktu lalu sebelum saya liburan ke Bali (iya, akhirnya saya ke Bali juga!), saya sempet ada project di Jakarta. Dan selama di Jakarta ini, saya ketemu sama temen-temen waktu jaman invitation tournament Asian Games tahun lalu.

Berhubung salah satu temen gosip saya ada yang masih kuliah dan menyandang status sobat miskin, akhirnya kita pun setuju buat jalan-jalan murah di Jakarta. Pilihan pun jatuh ke jalan-jalan sekitaran Gelora Bung Karno (GBK) demi pengeluaran yang minim.

Itung-itung sekalian mengenang masa-masa Asian Games juga sih, walaupun kita sebenernya gak ada urusan juga karena dulu kerjaannya di wisma atlet. Iya, wisma atlet yang banyak gosipnya itu. πŸ˜›

Terus, gara-gara ini juga saya jadi kepikiran buat kasih list kenapa saya rekomendasiin JJS di GBK buat kamu yang berencana jalan-jalan ke Jakarta, atau cuma sekedar transit aja. Secara yessss, tiket pesawat murah kebanyakan berangkatnya dari Jakarta semua. Hmmm.

View dari salah satu sudut GBK.

Gelora Bung Karno dan Sejarahnya

Alasan kenapa kita pilih GBK untuk tempat temu kangen sebenernya sih simpel banget. Pertama, karena urusan kerjaan saya di daerah Thamrin dan booking penginapan di sekitaran situ. Selain itu, ada temen saya juga yang kebetulan emang lagi magang di salah satu kementerian yang lokasinya gak jauh dari Senayan. Sedangkan temen saya yang satu lagi fleksibel aja ngikut kita mau kemana.

Akhirnya, dipilihlah GBK karena (1) Kita kenal gara-gara Asian games dan (2) Gelora Bung Karno pun dibangun karena Asian Games. Ala-ala seolah-olah satu dan lain halnya berkaitan. Hahaha. πŸ˜›

Yesss, jadi kalau kamu belum tau kenapa Gelora Bung Karno jadi salah satu tempat yang harus banget didatengin kalo kamu ke Jakarta, salah satu alasannya adalah karena Gelora Bung Karno ini juga diresmikan ketika Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games untuk pertama kalinya di tahun 1962.

Tapi, selain itu juga ada juga banyak alasan kenapa jalan-jalan murah di Jakarta dengan JJS di GBK bisa jadi alternatif kalau kamu berencana buat datang ke (calon mantan) ibukota ini. Kenapa?!

Terus dasar oon, pas liat patung ini saya sama temen-temen sempet-sempetnya nanya, “Ini patung siapa yaa?” Hello, Gelora Bung Karno? You think?! 😐 #failed

Alasan Kenapa Kamu Harus ke GBK di Jakarta

Jadi, selain murah… Kenapa kamu harus ke GBK kalau ada kesempatan buat menginjak Jakarta?!

1. Banyak tiket murah ke dalam atau luar negeri dengan titik keberangkatan dari Bandara Soekarno-Hatta.

Jadi, setelah akhirnya memutuskan buat balik ke Bandung, saya masih beberapa kali sering ke Jakarta walaupun udah gak punya tempat tinggal. Selain ke Jakarta buat urusan kerjaan, biasanya saya pun sering ke Jakarta karena terbang dari Bandara Soekarno-Hatta.

Setelah drama soal tiket pesawat domestik mahal kemarin, alhamdulillah yesss sekarang harga tiket pesawat udah AGAK mendingan. Tapi, kalo nyari yang murah-murah, emang kebanyakan pesawat yang berangkatnya dari Jakarta sih. Apalagi, karena saya tinggal di Bandung yang notabene cukup mudah buat ke Jakarta.

Dari mulai tiket pesawat Medan Jakarta, atau tiket ke Istanbul sekalipun… Kalau dibandingin sama penerbangan dari Bandung, pasti dari Jakarta lebih murah. πŸ˜€

Saya pribadi biasanya booking tiket pesawat dari PegiPegi, dan booking hotel seenggaknya satu hari sebelum keberangkatan supaya sempet jalan-jalan dulu di Jakarta-nya. Saya sendiri suka banget booking lewat PegiPegi karena selain proses booking yang super gampang, banyak diskon dan promonya juga yang bikin budget liburan bisa lebih hemat.

Selain itu, di PegiPegi juga terdapat fitur untuk cek promo tiket pesawat bulanan yang pas banget apalagi buat saya yang tipenya selalu beli tiket pesawat dari jauh-jauh hari sebelum keberangkatan. Terus, kalo kita download aplikasinya di HP lebih enak lagi lho… Soalnya banyak promo dan potongan langsung kalo kita booking dari sana. Sukaaaakk!

2. Olahraga atau enggak, GBK cocok buat semua orang.

Selfie di salah satu sudut GBK dengan monumen berbentuk olahraga yang kemarin-kemarin sempet kontroversi, bulutangkis.

Kalau kamu berpikir GBK cuma buat para pecinta olahraga, kamu salah besar. Walaupun ya emang buat pecinta olahraga tempat ini bakal punya banyak nilai plus sih.

Misalnya, arena Aquatic di GBK gak main-main karena berkelas Olympic. Jadi kalau ada diantara kamu pecinta renang dan pengen sesekali berenang buat ngerasain gimana renang di kolam sekelas Olimpiade, monggo ditambahkan arena Aquatic GBK ke bucket list kalian.

Selain itu, di sekeliling stadion pun kamu bisa pilih banyak banget aktivitas yang kamu suka. Dari mulai cuma sekedar jalan-jalan santai, sepedahan, main sepatu roda, lari pagi atau lari sore, bahkan kalau kamu tipe-tipe kayak saya yang seneng santai bisa juga cuma duduk-duduk cantik di pinggir luar stadion sambil ngeceng dan julidin orang yang lewat. #astagfirullah

3. Akses super gampang ke GBK sekalian cobain MRT Jakarta.

Bergaya dulu di MRT, karena saat ini apalah MRT kalau bukan jadi salah satu arena piknik buat sebagian orang? πŸ˜›

Ada yang sampai saat ini belum nyobain naik MRT Jakarta?! Kalau ada yang belum, nah… Pas banget deh buat ke GBK berhubung rute MRT Jakarta khan belum selesai dan masih pendek.

Selain daerah Thamrin, salah satu tempat yang juga recommended buat didatengin dan dilewatin rute MRT yang sudah beroperasi saat ini ya apa lagi kalau bukan Senayan alias GBK? Kamu bisa pilih berhenti di halte Istora yang lebih dekat ke sekitaran Hotel Sultan, atau bisa juga berhenti di halte Senayan dan keluar gak jauh dari Ratu Plaza.

Jadi, kemarin itu ya saya pilih halte Senayan karena pengen sekalian nostalgia sama kantor lama yang bikin hidup saya gak karuan di Jakarta beberapa tahun lalu. #eh #malahcurcol

Sneak peek dari MRT station.

Karena kemarin jadi kali pertama saya cobain naik MRT, saya cuma berbekal berita-berita viral di internet waktu launching MRT dimana banyak orang yang piknik dan buang sampah sembarang di stasiun.

Untungnya, pas saya kesana ternyata gak seburuk yang diceritakan sama media-media kebanyakan kok. Malah saya salut banget, karena stasiun yang saya datengin cukup bersih dan para penumpang pun disiplin dengan nungguin MRT dateng di garis antri, dll.

Enaknya lagi nih, MRT station ini juga terintegrasi dengan kereta bandara selain juga ada beberapa stasiun yang jaraknya cuma walking distance dari halte TransJakarta dan stasiun KRL juga. Jadi, kalau seandainya kamu di Jakarta cuma buat transit aja, kamu tetap bisa ke GBK tanpa perlu ribet kena macet di jalan pake Railink dan MRT aja.

4. Salah satu spot paling oke buat liat-liat gedung pencakar langit di Jakarta.

Beberapa kantor di wilayah Senayan yang keliatan dari kompleks GBK.

Dengan lokasi yang strategis dan deket dari SCBD, tentunya GBK ini dikelilingin sama banyaaaaak banget gedung-gedung perkantoran yang tinggi-tinggi. Kalau kamu seneng bengong sambil menikmati arsitektur atau mikirin kok bisa yah gedung-gedung ini berdiri dengan kokohnya, sore-sore coba deh dateng ke GBK buat menikmati suasana ini.

Mau dipake spot foto-foto pun oke-oke aja kok. Win-win! πŸ˜‰

5. Sekedar jalan-jalan muterin GBK sambil gosip pun bisa.

Iya, mau jalan-jalan gak ada juntrungan pun GBK cukup sukses bikin kita cape lho, guys… Itu juga yang saya dan temen-temen saya lakukan di kali terakhir saya ke Jakarta.

Selfie dulu sambil ngomongin orang di belakang. πŸ˜›

Abis jalan-jalan gak jelas di GBK, kita ke FX deh buat ngopi-ngopi cantik sambil tetep gosip. Ibarat kata, kalau misalnya kamu bukan tipe-tipe yang harus ngopi Starbucks buat melepaskan dahaga kamu, jalan-jalan di GBK sekaligus makan bisa kok ngeluarin duit Rp 100.000 aja!

Jadi, kapan kamu jalan-jalan ke GBK?

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.