Dompleng Nama di Balik Viralnya Adriansyah Martin, Mumpung Kenal Sama Orangnya Beneran!

Jadi, salah satu tips gimana caranya menaikkan traffic blog adalah dengan sering-sering update postingan yang berkaitan sama headline berita kekinian. Mungkin saya salah satu blogger Indonesia yang beruntung, karena headline yang masuk berita akhir-akhir ini adalah tentang seseorang yang saya kenal di kehidupan nyata, Adriansyah Martin. Hmm.

Saya kenal Adri dan Chris, kembarannya dari jaman SMP karena kita satu sekolah. Waktu itu sih mereka kakak kelas, dan waktu saya kelas 1 SMP pas ulangan umum sekelas sama Chris yang waktu itu kelas 2.

Pas SMA, saya pindah ke sekolah negeri dan mereka masuk ke sekolah saya pas kelas 3 karena mereka tinggal kelas di institusi sekolah swasta saya pas SMP dulu. Hmm.

Saya udah lama lose contact sama mereka sih, terakhir ketemu itu waktu wisuda adik saya kuliah dan saya udah kerja di AirAsia. Sempet ngobrol-ngobrol, mereka waktu itu belum lulus. Jadi, opini saya ini bisa aja bias karena yang namanya manusia bisa aja berubah dan saya udah sekitar 3 tahun gak ketemu mereka. Oke, lanjut! πŸ˜€

Tentang Adri Yang Saya Kenal

Kalau ditanya apa saya bener-bener kenal sama Adri, jawabannya saya kenal orangnya yang bikin kita mungkin banget sapa-sapaan kalau ketemu di jalan.

Tapi saya ga kenal deket, karena saya lebih banyak berinteraksi sama Chris, saudara kembarnya. Maklum, pas SMA sekelas lagi jadi lebih ngerti sampah-sampahnya dia daripada kembarannya.

Tapi kalau dari segi kepribadian, kurang lebih mereka itu sama aja sampahnya.

Bedanya, si Chris dulu itu lebih sampah. Tapi mungkin ini pun opini pribadi saya karena emang ga terlalu banyak interaksi sama Adri. Menurut saya, Adri itu cenderung lebih pendiem daripada Chris walaupun dua-duanya sama-sama gak tau malu. 😐

Di balik kesampahan mereka berdua, sebenernya yang saya salut dari mereka adalah mereka bisa akrab sama siapa aja. Mereka bukan tipe orang kaya sombong yang memandang orang rendah cuma karena harta kekayaannya.

Iya, terlepas dari selentingan di luaran sana soal kasus Adri vs @milesmogul, they ARE deadly rich! Kalau urusan tajir melintir, itu bukan pencitraan semata karena ya emang mereka punya duit buat hedon sesuai sama apa yang mereka tampilin di medsos mereka masing-masing. πŸ™‚

Ngga, saya gak ngebelain mereka. I’m just saying.

Tentang Foto Instagram Hasil Photoshop

Oke, ini soal foto Instagram hasil Photoshop yang akhirnya bikin viral nama Adriansyah Martin sampai akhirnya saya memutuskan buat bahas ini di blog saya karena aji mumpung. Haha.

Sebetulnya kalau dari segi pribadi sih saya kurang percaya kalau semua foto-foto dia hasil Photoshop, I mean… He’s got the money to fly with the first class anyway!Β 

Cuma, kalau plagiat gaya dan angle foto itu mungkin banget. Sorry to say, nih orang jaman sekolahan juga khan doyannya nyontek. Ya bukan gak mungkin khan cheaters at school, cheaters for life? πŸ˜›

Bahkan waktu soal ini dibahas di grup temen-temen kuliah, saya langsung sedikit membela Adri dengan berkata: ya gimana yah, nih orang khan punya duit tapi gak punya otak. Jadi wajar lah kalau emang tiba-tiba plagiat terus ketauan.

Selain itu, yang saya pengen tau adalah ini beneran dia tercyduk atau sekedar plot buat ngangkat pamor dia atau Miles Mogul di Indonesia? Hmm. Bisa aja khan ini cuma gimmick semata supaya mereka berdua makin populer buat personal branding mereka?!

Tentang Probabilitas Gimmick

Pertama-tama adalah karena ya itu tadi, saya gak percaya kalau foto-fotonya itu cuma Photoshop. Walaupun ya foto yang terakhir ini agak ganggu sih menurut saya, karena agak ‘jelas’ kalau itu editan gimanaaaa gitu. Hmm.

Selain itu, kayaknya dulu pernah ada kejadian juga gimmick yang mirip-mirip gini. Kalau gak salah kasus Lauren Bullen dari akun Gypsea Lust yang punya copycat yang ngikutin semua foto-foto Instagramnya. Hmm.

Gini lho yah, kalau ada hal-hal yang saya mengerti soal marketing, itu adalah kenyataan kalau bad publicity is still a publicity. Kalian inget kejadian Samsung Note 7? Ada temen saya yang dulu kerja jadi marketing-nya Samsung yang ngaku kalau ini adalah salah satu skenario marketing internasional-nya Samsung.

Hasilnya? Bukannya penjualan Samsung menurun setelah kejadian pelarangan Samsung Note 7 di hampir seluruh maskapai, tapi yang ada sales mereka malah naik!

Apalagi di jaman sosmed sekarang yang rakyat jelata macam Awkarin aja bisa jadi terkenal dan tajir melintir cuma lewat pencitraan di media sosial. Hmm. Dan bukan gak mungkin khan kalau Adri sama @milesmogul sebenernya kolaborasi buat dapetin keuntungan masing-masing?

Tentang Bully Terhadap Adri di Internet

Saya tau soal ini pertama kali waktu ade saya yang temen seangkatan adenya si kembar ini mention saya di Instagram postingan si @milesmogul. Kebetulan, ade saya punya pengalaman gak enak karena dia pernah dibully di Twitter sama adenya si kembar dan geng-nya beberapa tahun yang lalu.

Alasannya? Karena seperti saya, ade saya kalau ngomong kadang gak diayak dan apa adanya.

Tapi opini sinis adenya si kembar dan geng-nya itu sukses bikin ade saya down sampai dia nangis dan ngerasa pengen mati. Ini serius.

Pas ketemu ade saya dan ngobrolin soal ini sama ade saya pun saya kasih komentar yang cukup singkat, padat dan jelas, “Lo gak mau De iseng nge-troll di Instagram dia, bilang aja, gak enak khan bully orang di Internet? Untung gue cuma dibully sama lo dan geng lo, bukan sama netizens seluruh dunia.”

Ade saya mungkin saking trauma-nya kena bully beberapa tahun lalu cuma berani diem-diem pasang Instastory dengan tulisan yang sama. Hmm.

Bukannya saya mau nyukurin karena dendam ade saya dibully sama ade saya lho yah, karena gimanapun Chris sama Adri dan saya gak pernah ada masalah. Tapi, saya cuma mau ngingetin kadang karma itu jahat. Dan ketika karma datang, kadang kejadiannya malah lebih ngeri daripada yang diperkirakan.

Menurut saya sih, terlepas dari apakah emang Adri beneran tercyduk karena photoshop atau cuma sekedar gimmick, keduanya sukses buat naikin popularitas Adri sebagai selebgram papan atas. Seenggaknya, sekarang marketnya gak cuma Indonesia karena sekarang dia terkenal di luar negeri juga gara-gara @milesmogul.

Pesan saya buat Adri kalau sampai dia gak sengaja baca tulisan saya ini? Tawakal. Cheers! πŸ˜€

6 thoughts on “Dompleng Nama di Balik Viralnya Adriansyah Martin, Mumpung Kenal Sama Orangnya Beneran!

  1. Baru tahu aku kisahnya dr postingan Mba ini, unik ya memang dunia sosmed. Aku sih berharap si masnya yang tabah, eh aku yakin tabah deh, kan konsekuensi jadi selebgram.

    Bener tuh Mba, karma itu jahat, jadi jangan jahatin orang biar gak kena karma πŸ˜…

    1. klo mereka sih aku yakin tahan banting sih mbak, jadi aku sih ga kuatir sama sekali. hahaha. cuma ya mudah2an seengganya mereka belajar sedikit dari kecolongannya ini. πŸ˜›

  2. hai mba, saya sendiri suka pakai photoshop untuk editing, dan dari foto awal udah jelas keliatan kok kalo dia memang photoshop ada bagian2 detail yang lupa diedit. pada gambar pertama seperti gambnar di layar, dan bekas2 lipatan yang ada pada kain di background . hal2 seperti ini walopun diambil dalam tempat yang sama namun jika waktunya berbeda pasti tidak akan bisa berulang dengan sama persis. Jadi kalo soal photoshop atau bukan rasanya 99 % foto2 diatas adalah hasil rekayasa digital :). Mungkin diawal ketika editing dan posting yang bersangkutan tidak pernah kepikiran akan efek yang bisa terjadi atau nggak ketauan sama yang punya foto asli.

Tinggalkan Balasan