5 Tipe Blog Yang Sering Bikin Saya Nyesel (dan Kesel) Waktu Blogwalking

Seperti yang mungkin temen-temen udah pernah baca di beberapa blog saya sebelumnya, saya baru serius nge-blog di Ransel Ungu ini setaun yang lalu. Dan selama setaun ke belakang ini jugalah saya baru mulai serius ikutan komunitas.

Kalau ditanya blogger favorit saya siapa, saya bakal dengan pedenya jawab saya sendiri. Hahaha. Entah kalau kalian, tapi rasa-rasanya saya lebih seneng baca tulisan sendiri daripada tulisan orang lain. Is it common or am I just a narcissistic bitch? πŸ˜›

Tapi nih, sejak saya mulai aktif di komunitas blogger, baik dalam maupun luar negeri, salah satu usaha saya buat naikin traffic yang masuk ke blog saya adalah gak cuma berbagi tapi juga blogwalking.

Hari gini udah tau donk ya apa itu blogwalking?! Iyah, jalan-jalan ke blog orang. Baik untuk cari inspirasi atau ninggalin komentar demi membangun backlink ke blog sendiri.

Cuma nih, ada beberapa hal yang saya temuin di blog orang yang bikin saya kadang agak nyesel, atau bahkan kesel kalau blogwalking ke beberapa blog karena satu dan lain hal. Apa alasannya?!

5 Tipe Blog Yang Bikin Saya Males Blogwalking

Salah satu hal yang baru saya pelajari setelah sedikit serius ngeblog adalah pentingnya buat berinteraksi dengan blogger lainnya. Bukan cuma untuk sekedar sharing ilmu soal blogging secara umum, tapi juga untuk membangun link yang berguna buat memperbaiki DA dan PA blog kita.

Saya sendiri bukan tipe blogger yang rajin banget blogwalking sih, paling dalam seminggu paling saya cuma menghabiskan beberapa jam dalam satu hari buat jalan-jalan ke blog orang buat baca-baca sekalian cari inspirasi apa lagi yang bisa saya tulis.

Cumaaa, bukannya karena saya tipe orang yang nyinyir walaupun iya kalau saya pada akhirnya malah menemukan beberapa blog yang bikin saya nyesel udah blogwalking.

1. Clickbait

Rasa-rasanya, gak ada tipe blog yang lebih ngeselin daripada tipe-tipe clickbait.Β Clickbait ini adalah tipe blog yang bikin judul ‘wah’ yang tujuannya buat bikin kita ngeklik buat tau isinya.

Yah mending kalau tipe pembacanya kayak saya yang pasti ngeklik dan hasilnya paling cuma anyep doang karena kontennya ternyata clickbait, lah ya kalau misalnya yang liat itu tipe-tipe kayak tante saya yang baca headline heboh dikit langsung ditelan bulat-bulat?

Sumber: Pexels

Percayalah, sumber hoax paling hakiki adalah clickbait dan netizen yang males baca. To be fair, di Indonesia masih banyak karena saya pernah tiba-tiba dapet mesej dari salah satu pembaca blog saya yang nanyain soal gimana cara ke Singapore dari Malaysia pake bus.

Padahal perasaan saya kayaknya saya udah nulis cukup lengkap gimana caranya atau pesen tiketnya dimana di blog saya, tapi kok masih juga nanya sih? πŸ™

2. Pop up, baik iklan maupun subscribe!

Yang gak ngerti pop up,Β ini adalah tampilan yang muncul di situs waktu kita mengunjungi situs tersebut. Biasanya pop up ini kalau enggak isinya iklan, isinya ajakan buat subscribe ke situs atau blog yang bersangkutan.

Satu tipe pop up yang seringkali bikin saya ngerasa agak kesel adalah tipe pop up yang munculnya tiba-tiba pas saya lagi asik-asiknya baca kontennya. Ilfeel seketika. Lebih ilfeel lagi kalau tombol close-nya gak keliatan di sebelah mana.

Kalau udah nemu blog yang kayak gini, rasa-rasanya langsung pengen ngasihtau yang punya blog kalau emang pengen kehilangan pembaca potensial, beginilah caranya. Hmm.

3. Blog yang tiba-tiba mainin musik atau video.

Jadi gini, gak peduli seberapa jarangnya orang-orang yang blogwalking pake komputer, saya pribadi lebih nyaman blogwalking lewat laptop. Dan tiap kali di depan laptop, hampir dipastikan saya bakal nyalain Spotify buat dengerin lagu-lagu kesukaan saya.

Sumber: Pexels

Alangkah menyebalkannya kalau saya lagi asik-asik ikutan bersenandung Legends-nya Kelsea Ballerini, tiba-tiba terdengar suara entah dari tab yang mana. Dan lebih kesel lagi waktu kalaupun ketemu sumbernya di laman blog yang mana, saya gak tau matiinnya gimana. Ini hampir 11-12 sih sama pop up. πŸ™

Gimana yah? Saya ngerti sih mungkin itu lagu kesukaan yang punya blog, atau mungkin ada update video baru di Youtube channel-nya yang punya blog, tapi emang gak bisa yah diset buat kedengeran kalau pembacanya aja yang ngeklik alih-alih muncul otomatis dan bikin kesel gitu?! Hmm.

4. Loading lama, ternyata isinya foto semua.

Tujuan saya buat ngunjungin blog adalah karena saya pengen baca. Kebetulan, saya ini lebih suka baca daripada nonton video. Makanya porsi saya blogwalking vs Youtube-ing mungkin cuma sekitar 90:10 aja.

Mungkin bisa diliat siapapun yang pernah saya tinggalin komentar di blog-nya, saya gak pernah ninggalin komentar niat-ga-niat-asal-ada-backlink kayak “waaaah, iya banget beb…” atau “nice shot!”

Please deh, situ online shop tukang spam di IG artis yes?! Atau saya udah termasuk artis sampe situ mau nyampah di laman punya saya?! Hmm.

Tapi nih, saya paling sebel kalau misalnya saya blogwalking sama blog yang loadingnya lamaaaaa banget dan ternyata isinya foto dengan resolusi tinggi semua.

Saya bahkan nandain beberapa blog kayak gini, salah satu blog Bahasa Inggris yang ada di grup yang sama kayak saya di Facebook. Fotonya emang beneran bagus-bagus, entah dia ini fotografer atau bukan. Tapiiii, kalau saking bagus fotonya sampai harus mengorbanakan kecepatan akses blognya, it’s a no from me. Sorry to say.Β 

Lagian yah, hari gini… Kalau saya cuma pengen liat foto doang, ngapain saya repot-repot blogwalking. Kepoin aja di Instagram. Ya khan?

5. Gudangnya iklan.

Blog saya sebelumnya adalah salah satu blog yang gudangnya iklan. Hahaha. Kenapa? Karena saya pasang 2 platform iklan secara bersamaan, AdSense dan dan AdNow. Lebih parahnya lagi karena saya sempet pasang AutoAd segala di blog saya yang bikin susah buat menghindari iklan.

Sumber: Pexels

Tapi tenang aja, saya baru-baru ini abis beres-beres iklan sehingga iklan-iklan yang terlihat nyampah saya buangin.

Kenapa? Platform iklan kayak gini bikn kaya kagak, tapi ganggu pemandangan mata iya. Jadi yah, hidup itu perlu untuk berkorban sesekali. Rasanya gak salah buat ngilangin beberapa iklan, demi kenyamanan yang baca ya khan?!

Pelajaran Blogging Buat Saya Setelah Blogwalking ke Banyak Blog

Saya memutuskan buat mendesain blog saya sesuai dengan tampilan yang saya suka.

Artinya, saya pengen blog saya ‘ringan’ tanpa terlalu banyak perintilan. Widget yang saya gunakan pun yang seperlunya aja dengan tambahan beberapa iklan yang walaupun gak ngasilin banyak, tapi ya seengganya lumayan daripada ga ada sama sekali.

Saya pun baru beberapa waktu lalu juga memutuskan buat membangun daftar email, jadi saya bikinnya pun di tempat yang sekiranya gak terlalu ganggu emosi jiwa, tapi lumayan tertangkap sama mata yang baca. πŸ™‚

Mungkin segitu dulu obrolan saya soal blogging. Btw, nih… Saya sebenernya punya beberapa topik soal blogging yang pengen saya bahas, tapi saya gak yakin bakal ada yang tertarik apa enggak karena mungkin udah banyak yang bahas di luaran sana. Kalau saya sesekali nulis soal blogging, kalian tertarik gak ya?

Maklum, saya cari-cari di internet kebanyakan yang bahas soal blogging itu tulisannya formal banget dan kadang-kadang saking formalnya saya kurang ngerti apa yang diomongin. Entah itu emang saya aja yang ndablek. Jadi, kayak saya pengen bahas blogging tapi tulisannya santai gitu yang bisa dimengerti rakyat jelata macem kita.

Cuma nihhh, kalau saya nulis ini, saya bingung tulisannya mau ditaro di kategori mana: perempuan atau kehidupan? Menurut kamu gimana? Feel free to drop me your two cents on comment or email yesss, let’s connect… Cheerio! πŸ˜€Β 

17 thoughts on “5 Tipe Blog Yang Sering Bikin Saya Nyesel (dan Kesel) Waktu Blogwalking

    1. nah, ya khan mbak.. sekarang2 sih aku udah nandain dari nama domain biasanya mana yang biasanya pasang clickbait dan mana yang beneran ada isinya. cuma kadang2 masih sering kecolongan juga euy. hahaha. πŸ˜›

        1. biar traffic-nya banyak kali mbak, yang kayak gitu biasanya ngandelin iklan khan.. kadang suka ada tuh blognya ada judul doang, isinya kosong cuma ada kolom iklan. bzzz banget. hihihi. πŸ˜›

  1. Aku setuju banget sama no.3, itu nggak banget! πŸ™ Tren masang lagu di blog kayaknya udah jaman 2005an kali yah hahaha Kalo ada yg masih pasang kok ya susah move on ini udah 2018 XD Sama pop up menu itu, ngeselin! Apalagi yg munculnya di awal, weleh. Aku ya pengen rasanya teriak ke yang punya blog, tapi gimana ntar dikira berasa paling bener dah fufufu~~~

    Makasi yaa udah sharing, ternyata aku nggak sendirian ngerasa begini πŸ™

    1. nah, iya khaaaaan.. kayanya aku terakhir pasang lagu2 di blog pun jaman sma waktu dengerin musik ilegal lewat winamp dan masih berkutat sama myspace. jaman taylor swift masih alay. hahaha. tapi ternyata jaman now masih ada aja sih yang gitu. belum lagi sekarang udah ada iklan bentuk video juga yang tetiba bersuara tiap buka laman tertentu. sad banget. hahaha. πŸ˜›

  2. Yang pake musik aku sama sekali belum pernah nemu,malah pengen berkunjung (buat nyari tau aja sih :)), tapi poin yang lain aku setuju,terutama pop up. Sama satu lagi,blog yang tulisannya advertorial semua, gak ada tulisan personal. Kalo yang kayak gini biasanya aku males BW .

    1. sekarang yang rada gengges mungkin lebih banyaknya yang muter youtube secara otomatis sih say.. hahaha. klo musik walaupun aku masih pernah nemu, tapi emang udah jarang. πŸ˜€

  3. Aku juga baru beberapa bulan ini mulai post blog, jujur sih belom ngerti gimana – gimana cuma buat ngisi waktu luang dan review produk karena sering di tanya teman kamu pakai ini gimana, karena mikir capek juga ngetik jadi bikin blog deh. Yang sering kesal kalo blog walking itu kalo muncul pop up aneh aneh terus full nutup satu halaman

    1. iya, mungkin klo misalnya bukanya lewat hp kaya gitu jadinya.. aku jarang blogwalking lewat hp karna ga betah bacanya soalnya. terus biasanya klo pop up di hp suka susah nutupnya, kadang klo yang keluar iklan suka malah kepencet2 dan buka tab yang baru. malah jadi emosi bawaannya. hahaha. πŸ˜›

  4. Halooo Marya πŸ™‚ Bener tuh aku juga sebel kalau judul yang menarik ternyata ga sesuai dengan isi blognya. Atau kebanyakan foto dan iklan. Kan bacanya jadi terganggu ya πŸ™‚

    1. kebanyakan foto klo misalnya fotonya bagus dan ga bikin lama sebenernya ga masalah, tapi klo misalnya fotonya kebanyakan dan bikin lama loading blognya… ya ampun, gak sabar aku tuhhh. hahahah. πŸ˜›

  5. Hihihi semuanya juga bikin kesal, terutama jika ada video dan musik, secara saya BW nya ngalong, di kamar dekat bayi pulak, kadang suara musik langsung kencang dan bikin kaget si bayi, hiks

Tinggalkan Balasan