5 Destinasi Wisata Anti-Mainstream di Britania Raya

Hal apa yang pertama kali terlintas di pikiran kamu tiap kali mendengar kata Britania Raya?

Jawaban kamu bisa bervariasi dari mulai Big Ben, Buckingham Palace sampai Stonehenge, dan memang destinasi wisata tersebut adalah beberapa dari sekian banyak tempat yang sangat lumrah dikunjungi oleh para wisatawan yang mengunjungi negaranya Ratu Elizabeth II ini.

Terus, gimana kalau kamu ternyata bukan tipe wisatawan mainstream yang cuma datengin ke tempat-tempat yang lumrah dikunjungi sama kebanyakan wisatawan? Gimana kalau kamu pingin mencoba sesuatu yang berbeda di Britania?

1. Nicolson’s Cafe (sekarang namanya sudah ganti menjadi Spoon) di Edinburgh, Skotlandia

Nicolson’s Cafe (sekarang Spoon) via Independent Travel Cats.

Bicara Britania Raya, sulit rasanya nggak bicara soal Harry Potter dan J.K. Rowling yang fenomenal.

Pastinya, siapapun yang pernah atau berencana ke London akan memasukkan Museum Harry Potter di London sebagai salah satu destinasi yang patut dikunjungi di ibukota Inggris ini.

Kalau kamu fans berat Harry Potter, kalian pun mungkin cukup familiar dengan The Elephant House, salah satu kafe di Edinburgh yang mengklaim sebagai tempat kelahiran Harry Potter. Tapi, ternyata The Elephant House bukan cuma satu-satunya kafe di Edinburgh yang ada hubungannya sama Harry Potter.

Beralamat di 6a Nicolson Street, lokasi yang saat ini sudah berganti menjadi sebuah restoran buffet Chinese food bernama Spoon ini sebelumnya merupakan kafe bernama Nicolson’s Cafe dimana J.K. Rowling menulis beberapa bagian cerita Harry Potter and The Philosopher’s Stonedisini.

Berbeda dengan The Elephant House yang hampir selalu penuh dengan pengunjung, lokasi Spoon ini pun cenderung lebih tenang dari serbuan turis. Dan buat kamu yang gak bisa jauh-jauh dari makanan Asia, tempat ini juga bisa jadi alternatif untuk menikmati makan siang kamu.

2. Dozmary Pool di Cornwall, Inggris

Dozmary Pool via Wanderlust.

Kalau kamu pecinta cerita rakyat dan legenda, pastinya kamu akan sangat familiar dengan Legenda King Arthur di Britania Raya.

Legenda King Arthur ini banyak banget versinya. Ada yang bilang Excalibur, pedang yang dimiliki King Arthur ini berhasil diambil yang menandai kepemimpinan King Arthur sebagai raja di Britania Raya. Tapi, versi lain juga ada yang percaya kalau Excalibur diberikan oleh Lady of the Lake kepada King Arthur nggak lama setelah King Arthur memulai kepemimpinannya.

Danau kecil di daerah Cornwall yang disebut Dozmary Pool ini dipercaya sebagai tempat tinggal dari Lady of the Lake ini.

Saat ini, area Dozmary Pool ini termasuk dalam situs Special Scientifict Interest dimana arkeologis menemukan jejak-jejak dan artefak Neolitikum di area danau, selain juga area tersebut memiliki indikasi sebagai wilayah yang sebelumnya merupakan pemuja pagan.

3. Viktor Wynd’s Museum of Curiosities di London, Inggris

Viktor Wynd’s Museum of Curiosities via The BeauTraveler.

Hampir semua orang, terutama dari orang-orang yang berasal dari negara berkembang seperti kita, tahu kalau London adalah salah satu kota dengan biaya hidup tertinggi di dunia.

Viktor Wynd’s Museum of Curiosities merupakan salah satu alternatif buat kamu yang mau berpetualang seru di ibukota Inggris yang banyak diasosiasikan dengan mendung dan hujan ini.

Berlokasi di wilayah timur kota London, untuk masuk ke Museum of Curiosities ini kamu cuma perlu mengeluarkan uang sebesar £6, dimana jumlah tersebut sudah termasuk secangkir teh gratis. Kurang Britania apa lagi coba?!

Bahkan nih, kalau kamu datang kesini malam Jumat, harga masuknya cuma £2.5 tanpa teh.

Murah dan aneh, karena museum ini nggak seperti museum kebanyakan. Gimana nggak? Disini kamu nggak cuma bisa menemukan karya seni yang terbuat dari bangkai serangga yang diawetkan, tapi kamu juga bisa tiba-tiba menemukan kebun binatang mini di dalamnya. Berani kesini?

4. Quay House di Conwy, Wales

Quay House via Daily Post.

Quay House yang berlokasi di Wales ini disebut-sebut sebagai rumah terkecil se-Britania Raya.

Sebelum akhirnya dijadikan tempat wisata, properti ini sebelumnya digunakan sebagai rumah tinggal sampai sekitar tahun 1900an ketika seorang bernama Robert Jones yang tinggal disini sadar kalau rumah ini terlalu kecil untuk dia yang perawakannya setinggi kurang lebih 180 cm.

Rumah ini cuma cocok ditinggali oleh satu orang, dan ketika Robert kedatangan tamu, tamu-tamunya terpaksa harus duduk di luar demi kenyamanan bersama.

Akhirnya, Robert pindah dan pemerintah setempat mengeluarkan deklarasi bahwa rumah tersebut tidak cocok ditinggali oleh manusia. Saat ini, kamu bisa masuk ke properti dengan satu tempat tidur dan perapian serta ruang tamu dengan perangkat masak sederhana dengan harga tiket masuk sekitar £1.

5. St. Luke’s Mew, Notting Hill di London, Inggris

Copyright: © 2003 Universal Studios. ALL RIGHTS RESERVED.

Siapa diantara kamu yang kerjaannya kalau libur Natal dan Tahun Baru suka nonton film-film Natal di rumah?

Setelah eranya Home Alone, rasanya nggak berlebihan kalau bilang Love Actually adalah salah satu film yang sukses mengasosiasikan karyanya sebagai film bertema Natal yang fenomenal.

Dan buat kamu yang pernah nonton filmnya, kamu pasti familiar sama cinta segitiga antara Mark, Peter dan Juliet. Terutama salah satu adegan di malam Natal ketika Mark akhirnya jujur memberikan pengakuan mengenai perasaannya terhadap Juliet di depan rumahnya.

Nah, adegan ini diambil di daerah Notting Hill, tepatnya di St. Luke’s Mew. Daerah ini tentunya cukup instagrammable dengan komplek rumah-rumah sederhana ala Inggris sebagai latarnya.

Selain itu, kamu juga bisa menikmati sedikit nostalgia dengan salah satu adegan cinta segitiga di film kesayangan kamu juga.

Itu dia 5 destinasi wisata anti-mainstream yang bisa kamu kunjungi di Britania Raya. Terus, kira-kira destinasi mana yang paling menarik buat dikunjungi menurut kamu?


Tulisan ini diikutsertakan untuk keperluan kompetisi menulis Hipwee x Wego Indonesia bekerjasama dengan Visit Britain dan dimuat disini. Spesial terima kasih untuk Jessica dari Independent Travel Cats dan juga Lizzie dari Lizzie’s Restless Feet untuk izinnya menggunakan foto yang digunakan untuk postingan ini.


 

One thought on “5 Destinasi Wisata Anti-Mainstream di Britania Raya

Tinggalkan Balasan